Recent Post


    7 Jenis Pekerjaan Lulusan IT Tanpa Harus Jago Coding

    Pekerjaan Lulusan IT - Di era digital ini memang jurusan teknik informatika menjadi jurusan yang memiliki peminat cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui peranan teknologi bagi kehidupan sangatlah besar, dari tahun ke tahun pasti selalu ada inovasi yang hadir.


    Banyak orang diluar sana mengira bahwa seseorang yang kuliah di jurusan IT (Informasi Teknologi) ini dapat membuat suatu program atau dianggap jago pemrograman. Namun, kenyataannya tidak semua yang berkuliah di jurusan IT bisa ngoding atau jago pemrograman.

    Karna dunia IT sangat luas ilmu yang harus dipelajari pun bermacam-macam. Dalam dunia kerja pun tidak melulu mencari seorang programmer pasti banyak juga yang mencari seseorang yang memiliki spesialis lain terutama yang terkait dengan IT.

    jenis pekerjaan lulusan it tanpa ngoding

    Oleh karena itu, untuk kamu yang masih kuliah dan kurang menguasai bahasa pemrograman tidak perlu khawatir takut tidak mendapat pekerjaan sesuai dengan jurusanmu. Ada banyak sekali lowongan kerja dengan jenjang karir yang menjanjikan di bidang Information Technology (IT) ini pastinya tidak harus jago ngoding lho.

    Apa saja ya kira-kira jenis pekerjaan anak IT yang tidak harus jago ngoding? Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa jenis pekerjaan tersebut dengan gaji dan jenjang karir yang menjanjikan.


    1. System Analyst


    Untuk menjadi seorang System Analyst kamu tidak harus menguasai bahasa pemrograman. Tapi, kamu harus handal dalam menganalisa sebuah sistem dan masalah bisnis yang terjadi serta perlu ketelitian agar sistem yang dibuat nantinya berguna.

    Tugas System Analyst ini cukup banyak dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya mulai dari komunikasi dengan stakeholder, developer, dan customer. Jika kamu ingin menjadi System Analyst, maka harus bersiap menerima banyak tuntutan dalam berinovasi pada sebuah sistem.

    2. UI & UX


    Saat kuliah lebih suka menggambar sesuatu dibanding belajar bahasa pemrograman padahal kuliah di bidang IT? Tenang guys karna dari passion menggambarmu itu bisa melamar kerja menjadi seorang UI & UX lho. Bingung apa itu UI/UX? Oke mari saya jelaskan secara singkat.

    Sebenarnya UI dan UX adalah 2 hal yang berbeda. UI (User Interface) yaitu pekerjaan dengan tujuan fokusnya hanya untuk mempercantik tampilan produk atau halaman. Sedangkan, UX (User Experience) yaitu memiliki fokus tujuan untuk memberikan kepuasan kepada pengguna.

    Jadi, kalo kamu senang gambar tidak jago ngoding dan tetap ingin bekerja di bidang IT bisa melamar menjadi seorang UI/UX. Jenjang karir dan gaji yang ditawarkan juga tidak kalah dengan jenis pekerjaan lainnya.


    3. Technical Writer


    Mungkin sebagian dari kamu jarang mendengar profesi Technical Writer. Profesi ini bertugas untuk mendokumentasikan sebuah sistem atau aplikasi menjadi tulisan biasanya tulisan tersebut berupa manual book yang ditujukan untuk user ataupun programmer.

    Seorang Technical Writer saling berhubungan dengan System/Bussiness Analyst. Karna setiap dokumentasi yang dibuat oleh Technical Writer akan diberikan kepada System/Bussiness Analyst. Pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk bisa menulis dan menggambar diagram alur secara jelas dan singkat.

    4. Software Tester


    Dari namanya pasti kamu sudah tahu tugas seorang Software Tester ini apa saja. Yap, profesi Software Tester ini memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pengujian sebuah sistem di tempat kerjanya. Setiap detail kesalahan dan kebenaran pada fungsi sistem tersebut harus ditulis dan jangan sampai terlewatkan.

    Meski terlihat hanya menguji sebuah perangkat lunak saja. Namun, sebenarnya pekerjaan ini cukup menantang dan orang yang teliti lah biasanya bekerja menjadi Software Tester.


    5. Konsultan IT


    Profesi selanjutnya bagi kamu lulusan IT yang tidak jago ngoding yakni bisa menjadi IT Konsultan. IT Konsultan ini bertugas untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ada pada suatu sistem. Solusi yang diberikan pun tidak boleh sembarangan, sebab sistem yang terkena masalah tersebut harus bisa diatasi agar berjalan lancar kembali.

    6. Database Administrator


    Setiap perusahaan tentu memiliki database sendiri. Database ini menjadi elemen penting pada perusahaan tersebut karna semua informasi perusahaan tersimpan disana. Untuk menjaga dan mengelola database diperlukan seseorang yang paham dan mampu yaitu seorang Administrator Database.

    Untuk menjadi Database Administrator ini kamu hanya perlu menguasai satu bahasa seperti bahasa SQL aja. Tidak tanggung-tanggung untuk jenis pekerjaan ini gajinya cukup tinggi lho apalagi jika menangani database dari perusahaan besar.


    7. Security Cyber


    Seperti yang kamu ketahui dalam suatu sistem tidak ada yang namanya kata sempurna. Pasti selalu ada celah untuk seseorang bisa masuk ke dalam sistem tersebut. Nah, untuk mencegahnya maka perusahaan butuh seorang Cyber Security.

    Cyber Security ini bertugas untuk menjaga dan menguji sistem keamanan sistem. Serta memastikan bahwa tidak ada satupun orang yang masuk ke dalam sistem perusahaan.

    Itulah beberapa jenis pekerjaan lulusan IT tanpa harus jago ngoding. Rasanya tidak perlu khawatir bagi anak IT dalam mencari kerja. Hanya saja memang kamu perlu memiliki suatu skill tertentu dan memaksimalkannya sebaik mungkin. Demikian informasi diatas semoga bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "7 Jenis Pekerjaan Lulusan IT Tanpa Harus Jago Coding"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel