Recent Post


    4 Penyebab Berkas Lamaran Kerja Masuk Ke Email Spam

    Penyebab Email Masuk Ke Spam - Mungkin kamu sering bertanya-tanya saat melamar kerja lewat email apakah email yang kamu kirimkan masuk atau tidak ke tujuan. Karna sudah banyak mengirim lamaran tapi masih belum juga dipanggil untuk interview.


    Terkadang memang suka terjadi email yang dikirimkan saat melamar kerja tidak masuk ke kotak utama email tujuan. Bisa jadi email lamaran kerja tersebut malah masuk ke spam dan hal tersebut tidak disadari oleh kamu.

    penyebab email lamaran kerja masuk spam

    Mungkin dalam mengirim email tersebut ada kesalahan yang kamu buat secara tidak sengaja. Entah itu salah menulis subject, email tujuan, atau yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum kamu mengirim berkas lamaran kerja ada baiknya baca artikel yang saya buat mengenai cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar.

    Setelah kamu memahami dan mengikuti langkah-langkahnya dan masih belum mendapat panggilan interview karna email masuk ke spam barulah cari tahu penyebabnya. Sebagian orang mengalami hal tersebut dimana email yang dikirimkan selalu masuk ke spam.

    Lalu, apasih penyebabnya padahal semua yang dibutuhkan sudah benar dan sesuai. Daripada penasaran langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

    Penyebab Email Lamaran Kerja Masuk Spam


    Berikut ini silahkan cek penyebabnya mengapa email tidak masuk ke kotak utama. Simak baik-baik jangan sampai ada yang terlewatkan.

    1. Menggunakan Alamat Email Aneh


    Penyebab pertama mengapa email masuk ke spam yaitu kamu menggunakan alamat email yang aneh. Contoh alamat email yang aneh seperti putr4sayan9@gmail.com, joshua_g4nteng@gmail.com, dan lain-lain yang nyeleneh. Email-email seperti itu selain bisa masuk ke spam juga dapat memberikan kesan pertama yang negatif terhadap seseorang yang menerimanya.

    Mungkin jika kamu mengirim file ke teman atau keluarga tidak begitu masalah menggunakan email itu, namun jika ingin melamar kerja sebaiknya gunakan nama atau alamat email yang formal. Sehingga kamu akan dianggap seorang yang profesional bila menggunakan nama email yang formal.

    2. Size/Ukuran File Terlalu Besar


    Selain dari nama email yang nyeleneh, faktor lainnya yang menyebabkan email masuk ke spam yaitu kamu mengirim file dengan ukuran yang terlalu besar. Umumnya file berkas lamaran kerja tidak lebih dari 2 mb, tergantung dari kebutuhan perusahaan harus mengirimkan dokumen apa saja.

    Tidak menutup kemungkinan juga ada sebagian hrd yang tidak suka dengan adanya file berukuran besar masuk ke email sehingga mereka langsung skip begitu saja tanpa melihat terlebih dahulu. Oleh karena itu, jika pada persyaratan tidak menuliskan secara jelas apa saja yang perlu dikirim sebaiknya kirim saja lamaran kerja beserta cv kurang dari 1 mb.


    3. Tulis Subject Tidak Sesuai Dengan Yang Ditentukan


    Biasanya perusahaan yang buka loker menuliskan pada lowongannya untuk mengisi subjek email sesuai dengan yang diperintahkan. Contohnya salah satu perusahaan buka loker di posisi content writer, jika ada yang berminat dengan posisi tersebut kirimkan cv dan surat lamaran kerja dengan subjek : Conten Writer.

    Apabila tidak ada perintah untuk menuliskan subjek email, maka kamu bisa membuatnya sendiri dengan menuliskan [Nama]_[Posisi Yang Dilamar]. Jangan sampai kolom subjek email tidak terisi karna dapat membuat email yang kamu kirimkan masuk kedalam spam.

    4. Penggunaan Format Berkas Tidak Sesuai


    Dan terakhir kemungkinan penyebab email lamran kerja kamu masuk ke spam adalah format file yang dikirimkan tidak sesuai dengan yang diminta. Hindari mengirim email yang berformat .exe, .pps, .doc, dan yang lainnya karna bisa dianggap sebagai virus.

    Rekmonedasi file cv lamaran kerja pakai yang pasti-pasti saja seperti format .pdf dengan ukuran file maksimal 2 mb kalo bisa 1 mb. Usahakan jika ada tambahan file jangan dicantumkan terlalu banyak atau secara satu per satu, lebih baik disatukan untuk mempermudah hrd juga.

    Kesimpulan


    Nah itulah beberapa penyebab berkas lamaran kerja masuk ke email spam. Semoga dengan mengetahui penyebab ini kamu bisa memperbaiki file kamu agar tidak masuk ke spam email lagi. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "4 Penyebab Berkas Lamaran Kerja Masuk Ke Email Spam"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel