Recent Post


    7 Aplikasi Perekam Layar Untuk PC Yang Ringan dan Terbaik

    Aplikasi Record Layar - Semakin berkembangnya teknologi sekarang ini ada banyak sekali aplikasi perekam layar laptop yang bisa kamu gunakan untuk merekam video pada layar. Entah itu untuk membuat tutorial ataupun merekam aktifitas penggunaanmu seperti bermain game atau yang lainnya.


    Dari beberapa aplikasi yang ada hampir semuanya bisa digunakan tanpa biaya alias gratis. Namun, aplikasi gratis tentu memiliki kekurangan salah satunya saat proses perekaman selesai hasilnya akan terdapat sebuah watermark aplikasi tersebut.

    aplikasi perekam layar pc

    Tapi hal ini harusnya tidak menjadi masalah untuk kamu. Sebab, dengan adanya aplikasi recorder layar pc ini kamu tidak perlu lagi merekam video di layar menggunakan bantuan kamera. Hasilnya pun sangat baik dan tidak kalah dengan hasil rekaman dari kamera.

    Kira-kira apa aja ya software perekam layar untuk pc yang ringan dan mudah digunakan? Pada artikel kali ini saya akan merekomendasikan daftar aplikasi perekam layar laptop terbaik yang bisa kamu gunakan untuk merekam aktifitas di layar komputer. Penasaran? Simak pembahasannya dibawah ini.

    1. Bandicam Screen Recorder



    Bandicam Screen Recorder merupakan satu dari beberapa aplikasi perekam layar gratis yang saya rekomendasikan. Aplikasi ini sangat ringan dan juga mudah digunakan bagi pemula. Kamu bisa merekam aktifitas layar di laptop dan juga streaming game.

    Format yang dihasilkan oleh Bandicam sendiri umumnya .Avi dan .Mp4. Tidak hanya merekam layar laptop saja, tapi kamu juga bisa memasukkan suara secara real time di Bandicam. Banyak fitur menarik lainnya yang bisa kamu nikmati apabila menggunakan aplikasi ini secara berbayar seperti hasil video tidak ada watermark dan lain-lain.

    2. Screencast O Matic


    Hampir mirip seperti Bandicam, Screencast O Matic juga salah satu aplikasi recorder layar teringan yang bisa kamu gunakan karna tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Tampilan yang sangat sederhana tentu memudahkan kamu dalam melakukan recording.

    Untuk versi gratis hasil rekaman dari aplikasi ini terdapat watermark meskipun begitu watermark yang ada cukup kecil jadi tidak begitu menganggu. Tapi, jika kamu tidak ingin ada watermark maka bisa gunakan versi berbayarnya.


    3. CamStudio



    CamStudio siapa yang tidak kenal dengan software perekam video yang satu ini. CamStudio memiliki banyak kelebihan dan fitur yang menarik saat merekam game di layar ataupun kegiatan lainnya. Meski sangat popular aplikasi ini tetap memberikan pengalaman pengguna yang baik karna tidak memerlukan penyimpanan yang besar.

    Format video yang dihasilkan juga cukup lengkap, hampir semua format video ada disini. Kamu juga bisa menambahkan caption dibagian atas video rekaman loh.

    4. OBS Studio


    Bagi para youtuber gaming atau streamer pasti tidak asing lagi dengan nama OBS Studio. Yap software recording video atau streaming video ini sangat popular karna fitur yang ada pada OBS Studio sangat lengkap. Bahkan tidak hanya merekam layar komputer saja, tapi juga bisa menampilkan wajah kamu saat merekam.

    OBS Studio lebih cocok untuk streaming karna dapat menampilkan video lebih jernih. Jika hanya untuk merekam layar saja memang bisa tapi ukuran video yang dihasilkan cukup besar. Meski begitu kamu bisa mengatur format video nya kok di pengaturan yang ada. Dibanding aplikasi lain sepertinya OBS Studio menurut saya adalah aplikasi perekam layar terbaik untuk saat ini.

    5. Action!



    Berikutnya ada software recorder bernama Action!. Action! ini memiliki fitur yang terbilang hampir lengkap dan kamu bisa merekam game atau layar di komputer dengan resolusi hd ukuran full/penuh atau hanya sebagian layar saja. Format standar output video yang dihasilkan adalah .Mp4 dan .Avi. Kamu juga bisa melakukan streaming menggunakan aplikasi Action! secara real-time.

    6. TinyTake


    Rekomendasi screen recorder pc lainnya yaitu TinyTake. Tinytake memiliki tampilan yang sederhana dan userfriendly sehingga orang awam sekalipun dapat dengan mudah mengoperasikannya. Terdapat 2 versi yang ada pada Tinytake yaitu berbayar dan gratis.

    Meski ada versi berbayar dan gratis sayangnya hasil video rekaman Tinytake tidak lebih dari 5 menit. Artinya setiap 5 menit sekali kamu harus merekam ulang tentunya dengan keadaan seperti ini tidak cocok bagi kamu yang hendak merekam game pc. Disisi lain keuntungannya adalah tidak terdapat watermak pada hasil videonya.

    7. Ezvid Video Maker



    Ezvid Video Maker mungkin terdengar sedikit asing bagi kamu. Ezvid Video Maker adalah software perekam layar pc yang dapat dioperasikan di sistem operasi windows. Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini salah satunya ialah terdapat fitur auto save atau penyimpanan otomatis saat perekaman berlangsung.

    Selain itu, kamu juga bisa menambahkan judul, keyword, meta deskripsi di hasil video yang telah direkam. Batas durasi yang diberikan cukup panjang yaitu sekitar 45 menit dan sepertinya durasi ini cukup untuk merekam apapun.

    Demikian beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar pc terbaik dan ringan yang bisa kamu install di komputer. Pilihlah aplikasi diatas sesuai dengan kebutuhanmu dijamin hasil dari rekaman aplikasi diatas sangat berkualitas dan jernih. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "7 Aplikasi Perekam Layar Untuk PC Yang Ringan dan Terbaik"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel