Recent Post


    Cara Mengatasi File Conversion Pada Word

    File Conversion Word - Microsoft word merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk menulis berbagai pekerjaan maupun tugas. Dengan adanya aplikasi ini segala pekerjaan menjadi lebih mudah sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.


    Namun, dibalik kelebihannya tersebut kadang microsoft word ini memiliki berbagai permasalahan bagi sebagian user salah satu masalah yang muncul yaitu terdapat notifikasi file conversion error dengan pesan "Select the encoding that makes your document readable".

    cara mengatasi file conversion di word

    Tentu munculnya pesan error tersebut akan membuat bingung penggunanya karna memang sangat jarang terjadi. Sebenarnya cara mengatasi error tersebut cukup mudah dan kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk memperbaikinya ya meskipun menggunakan tools termasuk cara cepat memperbaikinya juga.

    Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi file conversion di word. Beberapa cara yang saya berikan dibawah ini terbukti berhasil sehingga kamu bisa mengikutinya dengan aman.


    Cara Memperbaiki Pesan File Conversion di Word


    Sebelumnya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya notifikasi file conversion ini. Penyebabnya biasanya terjadi akibat pengkodean yang tidak cocok dengan file word kamu. Ketidak cocokan ini bisa terjadi karna faktor internal maupun eksternal sehingga muncullah pesan erorr tersebut.

    Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, langsung aja simak langkah-langkahnya dibawah ini.


    1. Menggunakan Opsi Recovery Text


    Opsi recovery text ini bisa mengatasi permasalahan diatas yaitu dengan memulihkan struktur teks. Ketika kamu menggunakan cara ini mungkin ada beberapa kalimat yang hilang sehingga kamu perlu mengeceknya kembali. Berikut ini langkah-langkahnya:
    • Buka aplikasi Microsoft Word (dokumen kosong)
    • Selanjutnya klik File, lalu klik Open
    • Cari file yang ingin kamu pulihkan
    • Jika sudah klik opsi "Recover Text From Any File"
    • Setelah itu klik Open


    2. Membuka Dokumen Dengan Draft


    Dokumen yang muncul pesan error file conversion ataupun dokumen rusak bisa diatasi dengan membukanya melalui draft seperti yang dikutip oleh Microsoft. Berikut ini langkah-langkah mengatasinya:
    • Sama seperti cara sebelumnya, buka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu dengan lembar dokumen kosong
    • Lalu klik menu File -> Options -> Advanced
    • Pada bagian "Show document content" centang "Use draft font in Draft and Outline views" dan "Show picture placeholders"
    • Scroll kebawah dan centang "Update automatic links at open"
    • Terakhir klik OK dan restart aplikasi Word kamu

    Nah, itulah tutorial bagaimana cara mengatasi file conversion di word. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi File Conversion Pada Word"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel