Recent Post


    4 Kriteria Surat Lamaran Kerja yang Menarik Bagi HRD

    Surat Lamaran Kerja yang Menarik - Selain mengirimkan CV sebagai salah satu syarat untuk apply kerja, kamu juga perlu membuat sebuah surat lamaran kerja atau yang biasa disebut cover letter. Sebenarnya melampirkan cover letter termasuk opsional saja artinya boleh dilampirkan ataupun tidak.


    Namun, sebagai bentuk profesionalitas kamu perlu melampirkannya karna ada beberapa perusahaan juga yang masih meminta kandidat untuk mengirimkan surat lamaran kerja. Dalam membuat surat ini juga tidak boleh asal-asalan karna ada poin-poin penting yang bisa menjadi nilai plus kamu dimata hrd.

    contoh kriteria surat lamaran kerja yang menarik

    Oleh karena itu, pahami bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuatnya atau mungkin apa saja sih kriteria cover letter yang menarik itu seperti apa.

    Kriteria Cover Letter yang Menarik


    Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai hal tersebut. Simak penjelasannya dibawah ini dan coba praktikan saat kamu melamar pekerjaan.


    1. Memperkenalkan Diri


    Dalam membuat sebuah cover letter anggaplah kamu sebagai pengirim sekaligus penerima. Pastikan yang kamu tulis bisa juga diterima oleh dirimu sendiri ketika hendak mengirim ke perusahaan. Mulailah dengan membuka salam lalu dilanjutkan perkenalan diri.

    Pada paragraf pertama kamu bisa menuliskan diri kamu secara singkat dan jelas. Dimulai dengan nama lengkap, lalu dari lulusan mana serta jurusan apa, setelah itu berikan alasan kuat mengapa kamu apply posisi yang kamu lamar tersebut. Buatlah semua ini sesingkat mungkin kalo bisa hanya 1 paragraf dan maksimal 2 paragraf.

    2. Ceritakan Skill dan Pengalaman


    Jika kamu memiliki pengalaman yang sama atau mirip dengan posisi yang kamu lamar, maka ceritakanlah walaupun pengalaman tersebut hanya dari freelance, parttime dan lain-lain. Jangan lupa ceritakan juga mengenai skill kamu terhadap posisi tersebut dan achievement apa yang pernah kamu berikan dari skill kamu terhadap pengalaman sebelumnya.

    Karna saat ini beberapa hrd lebih melihat dan mempertimbangkan sebuah pengalaman/skill dibandingkan gelar atau kamu berasal dari lulusan mana. Dan itu semua tergantung dari posisi pekerjaan, sebab ada beberapa posisi yang masih dinilai dari tingkatan pendidikannya.


    3. Masukkan Pencapaian dan Prestasimu


    Kamu boleh memasukkan pencapaianmu di cover letter untuk membuat hrd tertarik. Tapi pencapaian atau prestasi yang telah kamu dapat pastikan berbeda dari kandidat lainnya. Berikan alasannya juga apabila kamu rasa kamu adalah seorang yang layak untuk diterima kerja di perusahaan tersebut jika pencapaianmu berbeda dengan kandidat lain.


    4. Lampirkan Kontak Pribadi


    Sebagai penutup dari surat lamaran kerja, ucapkanlah kata terima kasih dan jangan lupa cantumkan kontak pribadimu baik itu nomor hp, email yang bisa dihubungi. Karna hal kecil seperti ini kadang suka terlewat oleh banyak pelamar ketika lamarannya lolos seleksi dan hrd ingin memanggilnya. Namun, sayangnya ia lupa mencantumkan kontak pribadi sehingga lepaslah peluang untuk bekerja.

    Nah, itulah beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "4 Kriteria Surat Lamaran Kerja yang Menarik Bagi HRD"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel