Recent Post

6 Tips Memasang Foto Lamaran Kerja Pada CV

Pasang Foto Lamaran Kerja - CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen yang wajib dimiliki bagi seorang pelamar kerja terutama freshgraduate. Sehingga tidak jarang banyak yang mencari tahu bagaimana membuat cv yang benar dan baik. Dengan harapan membuat cv yang baik dapat melanjutkan mereka ke tahap berikutnya.


Namun, meskipun banyak yang mengikuti cara yang mereka dapat dari internet masih saja terdapat kesalahan dalam membuat cv terutama dalam penempatan foto. Agar cv terlihat menarik dan membuat hrd tertarik kamu perlu memasang foto yang tepat baik ukuran dan penempatannya.

tips memasang foto lamaran kerja di cv

Memang tidak semua perusahaan yang menerima cv dengan foto karna sebagian ada yang membuka lowongan dan menerima hanya cv ats friendly saja. Tapi, tenang perusahaan yang menerima cv ats friendly ini kebanyakan perusahaan besar jadi bisa dikatakan masih cukup sedikit.

Perlu diketahui elemen penting dalam cv yang membuat hrd tertarik yaitu foto. Nah, bagi kamu khususnya freshgraduate yang ingin bekerja tapi selalu gagal tidak lolos screening cv. Mungkin ada yang salah dalam cv mu terutama bagian foto ini, agar tidak salah langkah lagi ikuti beberapa tips memasang foto di cv berikut ini:

Tips dan Cara Memasang Foto di CV


Buat kamu yang masih bingung seperti apa cara memasang foto yang baik di cv. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa tips dan contoh foto yang baik di cv. Simak pembahasannya dibawah ini ya.


1. Jangan Pakai Foto Selfie


Foto selfie sebenarnya tidak masalah dengan catatan jangan bergaya apapun. Namun, hal ini pasti sulit karna dalam cv foto yang digunakan pada umumnya adalah foto formal. Sedangkan untuk foto selfie kamu perlu memegang smartphone sehingga bentuk wajah tentu akan berbeda jika di foto oleh orang lain.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang bagus usahakan jangan menggunakan foto selfie untuk cv kamu.

2. Foto Tampak Depan


Perlu diingat bahawa kamu sedang foto untuk melamar pekerjaan bukan diunggah ke media sosial, jadi jangan pernah mengambil wajah kamu dibagian samping atau belakang. Usahakan foto menghadap depan dan fokus ke kamera.


3. Muka Terlihat Jelas


Seorang hrd dalam membaca cv kurang lebih cukup 10 detik, jika kamu ingin membuat mereka tertarik maka gunakanlah foto yang terlihat jelas. Jangan mengambil foto terlalu jauh atau terlihat buram pastikan kembali jika kamu tidak mengambil foto menggunakan filter apapun ya.

Untuk penempatan foto di cv yang baik pada umumnya ada pada bagian tengah atas, kiri atas, atau kanan atas sesuai dengan bentuk cv yang kamu buat.

4. Foto Diri Sendiri


Lho katanya gaboleh selfie/foto sendiri kok malah dikasih tips ini? Eits, kamu salah mengartikannya. Foto diri sendiri disini artinya gambar yang kamu gunakan di cv hanyalah foto kamu saja jangan yang bersama teman. Jika kamu foto bersama teman, recruiter tidak tahu siapa diri kamu dan bisa mengakibatkan kamu gagal dalam screening cv.

5. Pakai Background Polos


Meskipun sekarang ini penggunaan foto pada cv sudah semi formal, alangkah baiknya jika kamu tetap menggunakan background foto yang polos agar tetap terlihat professional dan niat kerja. Hindari penggunaan foto yang terlalu ramai karna itu akan mengurangi nilai kamu dimata hrd.

Kalo tidak bisa edit foto menjadi background polos, pergilah ke studio foto dan minta kepada orang studio untuk memotret dirimu menggunakan background polos.


6. Gunakan Pakaian yang Sopan


Tidak semua orang memotret dirinya sendiri hanya terlihat wajah saja. Untuk memasang foto lamaran kerja di cv sebaiknya potret dirimu dari kepala hingga bagian pundak/dada. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang rapih dan sopan tetap terlihat formal tapi santai sehingga itu akan memberikan kamu kepercayaan diri yang lebih.

Nah, udah tau kan tips foto untuk cv agar lolos ke tahap berikutnya? Silahkan ikuti beberapa tips atau cara pasang foto lamaran kerja diatas, tapi jangan melupakan elemen penting lainnya yaitu isi dari cv kamu sendiri.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys, jangan lupa bagikan artikel ini ketemanmu.

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Memasang Foto Lamaran Kerja Pada CV"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel