Recent Post

Contoh Deskripsi Diri Di CV dan Interview Agar Terlihat Menarik

Ceritakan Diri Sendiri Saat Interview - Deskripsi diri di CV dan interview sangatlah penting agar recruiter tahu sedikit tentang dirimu. Biasanya dalam cv deskripsi ini merupakan ringkasan profil yang menggambarkan diri kamu baik pendidikan, keterampilan hingga keahlian yang ditulis dalam beberapa kalimat.


Walaupun ditulis secara singkat tapi deskripsi diri ini haruslah jelas dan menarik. Penggunaan tata bahasa yang baik dan benar tentu akan memudahkan recruiter memahaminya. Namun, sayangnya tidak banyak yang memperhatikan bagaimana cara menulis deskripsi diri di cv yang tepat.

Contoh Deskripsi Diri Di CV dan Interview

Karna kebanyakan yang ditemui pada cv pelamar menulis diri sendiri yaitu menulis tentang hal-hal yang tidak penting dan terkesan dibuat asal. Agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips dan contoh mendeskripsikan diri baik di cv maupun saat interview kerja.

Tips Menulis Deskripsi Diri Di CV


Ketika kamu membuat ringkasan tentang diri sendiri di cv buatlah dengan kalimat yang menarik dan tetap professional agar recruiter tertarik. Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat deskripsi diri di cv, ikuti tipsnya berikut ini:

1. Stuktur Penulisan Rapih


Untuk contoh penulisan deskripsi diri ini dimulai dari membuat struktur yang rapih. Dengan tujuan agar recruiter tidak bingung membacanya dan pesan yang disampaikan langsung dapat. Biasanya alura penulisan dalam cv yang sering ditemui diawali dengan perkenalan diri, lalu pendidikan, sampai pengalaman kerja.


2. Tulis Deskripsi Diri Singkat


Perlu kamu ketahui proses screening cv ini sangatlah singkat bahkan recruiter hanya memiliki waktu tidak kurang dari 10 detik. Oleh karena itu, dalam 10 detik pastikan apa yang kamu tulis tentang dirimu sudah jelas dan buatlah semenarik mungkin 2-3 kalimat dalam setiap paragraf dimana pada intinya jangan bertele-tele.

3. Highlight Keahlian dan Kemampuan


Dalam mendeskripsikan diri agar kamu dilirik oleh recruiter pastikan untuk menghighlight atau menonjolkan salah satu kemampuan pada posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk mencantumkan pencampaian pada kemampuanmu itu karna ini akan menjadi nilai plus.

4. Pakai Kata Kunci Yang Tepat


Gunakan kata kunci pada saat kamu menulis deskripsi diri, kata kunci ini bisa dari posisi yang dilamar atau terkait bidang pekerjaan tersebut. Karna kata kunci ini memegang peran penting dalam menggambarkan dirimu yang dapat membantu kamu bersaing dengan pelamar lainnya.


5. Gunakan Bahasa Formal


Tidak seperti chatting dengan teman, dalam membuat deskripsi diri pastikan kamu menggunakan bahasa yang formal agar terkesan professional jangan terlalu banyak istilah yang membuat hrd bingung. Terakhir pastikan penulisan kamu tidak banyak yang typo dan penggunaan bahasa yang kurang baik.

Tips Deskripsi Diri Saat Interview Kerja


Tidak hanya di cv saja karna saat kamu dipanggil interview hampir semua recruiter akan meminta kamu mendeskripsikan diri secara langsung. Tidak harus sama seperti di cv yang penting poin penting dalam dirimu tersampaikan secara jelas kepada recruiter. Berikut ini contoh deskripsi diri saat interview kerja:
  • Perkenalan singkat tentang dirimu dilanjutkan dengan pendidikan dan pengalaman kerja/organisasi.
  • Ceritakan kemampuanmu dan berikan poin positif seperti pencapaian dari kemampuan tersebut.
  • Hindari cerita hal-hal yang bersifat pribadi seperti keluarga, hobi, dan lain-lain karna hrd pun tidak tertarik dengan hal itu.
  • Jangan menyombongkan diri dengan kemampuan yang dimiliki karna hal ini seperti pisau bermata dua yang bisa menguntungkan atau merugikanmu

Contoh Deskripsi Diri Di CV


Nah, dari tips-tips diatas kini saya akan memberikan beberapa contoh deskripsi diri di cv yang bisa kamu jadikan referensi, simak penjelasannya dibawah ini:

1. Contoh Deskripsi Diri Fresh Graduate


"Fresh graduate lulusan S1 jurusan Teknik Informatika Universitas ABCDE. Memiliki pengalaman magang diperusahaan FGHI sebagai Mobile Developer dengan pencapaian membantu membuat aplikasi mobile A dalam kurun waktu 2 bulan dan menguasai bahasa pemrograman A,B,C. Mencari peluang kerja yang memberikan kesempatan untuk membuat diri berkembang."


2. Contoh Deskripsi Diri Internship/Mahasiswa


"Mahasiswa semeseter 6 Universitas ABCD jurusan Sastra Inggris. Memiliki minat dan motivasi yang kuat dalam menulis dan mengajar, kemampuan kepemimpinan serta senang mencari tantangan baru."

3. Contoh Deskripsi Diri Berpengalaman


"SEO Specialist memiliki pengalaman kerja 3 Tahun dengan track record membantu meingkatkan value perusahaan dan produk dalam search engine menjadi peringkat 1 pada kata kunci tertentu."

Nah, itulah tips membuat deskripsi diri di cv, tips deskripsi diri saat interview dan contoh deskripsi diri di cv yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Deskripsi Diri Di CV dan Interview Agar Terlihat Menarik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel