Recent Post

Pengertian Stamper dan Fungsi Kegunaannya

Pengertian Stamper - Pernah melihat stamper kodok di berbagai tempat konstruksi? Atau bahkan Anda belum pernah mendengar salah satu alat konstruksi satu ini? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian stamper kodok, dan berbagai informasi menariknya. Langsung saja kita bahas satu persatu informasi di artikel satu ini, baca terus sampai selesai ya.


Apa Itu Stamper?


Stamper kodok adalah salah satu jenis stamper, sedangkan stamper adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memadatkan permukaan tanah agar bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pembangunan.

pengertian stemper dan fungsi kegunaannya

Stamper ini terdapat berbagai jenis termasuk salah satunya adalah stamper kodok. Selain itu, terdapat berbagai aksesoris, ukuran, dan juga jenis lainnya namun pada umumnya fungsi dan kegunaannya sama. Stamper dijalankan menggunakan sebuah mesin utama yang cukup berat, dengan bahan bakar bensin atau diesel.

Bagaimana Cara Kerja Stamper?


Stamper bekerja dengan sebuah plat berat di bawah yang bergerak secara cepat dengan pergerakan ke atas dan ke bawah. Kombinasi gerakan ini akan memberikan impact, tekanan ke tanah atau permukaan sehingga menjadi lebih padat.


Stamper bekerja secara maksimal pada tanah yang bergelombang, dimana mengandung lebih banyak pasir atau kerikil. Di beberapa kasus penggunaan stamper ini juga ditambahkan juga pelembab tanah seperti sedikit air dan sebagainya. Biasanya, penggunaan alat konstruksi bangunan ini dilakukan secara bertahap karena pekerjaan satu ini membutuhkan ketekunan dan juga keuletan.

Selain itu alat satu ini juga sering terlihat digunakan sebagai alat pemadat aspal di tempat yang sempit, karena alat ini bersifat portable. Stamper lebih kecil dan mudah digunakan di tempat sempit yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan seperti roller besar, sehingga satu - satunya jalan adalah menggunakan Stamper.

Secara fungsional Stamper sendiri memiliki beberapa kategori, diantaranya adalah:
  1. Stamper Plat Tunggal
  2. Stamper Reversible
  3. Stamper High Performance atau Heavy Duty

Penggunaan jenis stamper ini dilihat dari jenis pekerjaan yang ditentukan oleh setiap pemilik proyek, misalnya oleh kontraktor.

Jenis-Jenis Stamper


Secara lengkap akan kita bahas jenis stamper di bawah ini:

Stamper Plat Tunggal


Stamper plat tunggal adalah sebuah stamper yang digunakan utamanya sebagai peralatan pemadatan aspal atau pemadatan untuk pemasangan paving conblock. Biasanya pergerakannya hanya searah dengan satu jenis plat. Di Indonesia jenis single stamper ini juga dikenal sebagai Stamper Kodok.

Stamper Reversible


Reversible Stamper juga merupakan salah satu jenis stamper kodok yang memiliki fungsi pemadatan yang lebih efektif. Reversible berarti anda bisa mengoperasikan jenis stamper ini baik maju atau mundur.


Stamper Heavy Duty


Stamper Heavy Duty merupakan jenis stamper yang memiliki fungsi untuk pekerjaan berat. Pemadatan akan lebih mendalam dengan menggunakan jenis satu ini. Untuk jenis stamper satu ini juga tersedia untuk versi reversible atau tidak.

Stamper Reversible


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya fungsi utama dari Stamper adalah meratakan dan juga memadatkan permukaan tanah pada pekerjaan proyek konstruksi. Beberapa proyek konstruksi harus dijalankan di permukaan yang labil, dan salah satu caranya untuk membuat tanah menjadi stabil adalah dengan memadatkannya. Pekerjaan yang membutuhkan pemadatan adalah seperti pemasangan paving block, pengaspalan, atau membuat pondasi rumah.

Demikian informasi singkat seputar Stamper yang merupakan salah satu alat konstruksi bangunan yang umum digunakan sehari - hari. Ada berbagai jenis stamper yang bisa digunakan seperti stamper kodok, stamper kuda, dan sebagainya. Semoga informasi ini berguna ya? Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Stamper dan Fungsi Kegunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel