Recent Post

    8 Tanda Dewasa Secara Mental, Sudah Dewasakah Kamu?

    Tanda Dewasa Secara Mental - Seseorang yang berusia lebih tua daripada kamu apakah orang tersebut sudah dapat dikatakan dewasa dari kamu yang usia dibawahnya? Dari segi usia memang dia lebih tua tapi dari segi lainnya?


    Misalnya dari mental apakah orang yang lebih tua semuanya sudah dewasa secara mental? Belum tentu. Orang yang berusia muda juga bisa dewasa secara mental dan gak harus menunggu usianya lebih tua dulu.

    tanda dewasa secara mental


    Karena mental mempunyai peran yang penting dalam kehidupan seseorang, karna manusia dilahirkan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tekanan mental yang diberikan juga berbeda-beda.

    Tergantung bagaimana kita mengatasi mental dalam diri kita sendiri. Ada 8 tanda kalo kamu itu dewasa secara mental, kira-kira apa aja tanda-tandanya ya? Simak artikel dibawah ini:

    Tanda Dewasa Secara Mental, Kamu Termasuk Gak?


    1. Kamu Lebih Banyak Memaafkan


    Tanda dewasa secara mental dalam diri kamu yang pertama yaitu, kamu lebih banyak memaafkan. Pada saat berada di posisi yang gak menguntungkan diri kamu karna sikap orang lain. Kamu lebih memilih memaafkan keadaan dan orang tersebut.

    Gak banyak loh orang yang bisa memaafkan orang lain terhadap perilaku yang diterimanya. Dengan banyak memaafkan kesalahan orang lain itu tanda bahwa diri kamu telah dewasa secara mental.

    2. Pembicaraan "Sederhana" Sudah Tidak Lagi Kamu Minati


    Pembicaraan "sederhana" ini maksudnya adalah pembicaraan mengenai orang lain atau bisa dibilang ghibah. Dibilang pembicaraan 'sederhana' ya karna hanya membicarakan kehidupan orang lain. Dan itu sama sekali gak penting dihidupmu sekarang.

    Ketika kamu sudah tidak lagi meminati pembicaraan tersebut itu tandanya kalo kamu dewasa secara mental. Kamu bisa mengalihkan topik dalam pembicaraan untuk menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri tanpa menjatuhkan orang lain.

    3. Menjadi Berpikiran Terbuka


    Sudah pasti saat kamu dewasa secara mental dan dewasa dari segi umur, kamu menjadi berpikiran terbuka. Segala hal yang datang kehidupmu gak langsung kamu terima. Kamu melihatnya dari berbagai kemungkinan sudut pandang, bukan dari sudut pandangmu sendiri saja.

    Kamu dapat menampung ide dan masukan orang lain seperti apa pun bentuknya, tanpa berkomentar yang menjatuhkan mental terhadap orang tersebut. Dengan begitu kamu menjadi seorang yang open minded.


    4. Tidak Lagi Memaksakan Cinta


    Tidak lagi memaksakan sesuatu agar berjalan sesuai dengan keinginanmu termasuk memaksakan cinta. Bagimu yang dewasa secara mental cinta adalah kasih sayang dan kebebasan, seseorang yang datang dan pergi di hidupmu gak bisa lagi kamu paksa ataupun cegah.

    Karna kata cinta gak harus memiliki memang pantas sekarang, bila ia ingin pergi biarkan 1000 alasan kamu mencintainya pun gak berarti kalo dirinya ingin pergi. Yang ingin menetap biarkan lebih mengenal dirimu, karna cinta gak kenal siapa yang duluan tetapi yang terakhir.

    5. Dapat Menerima Perasaan Sakit Hati


    Kamu dapat menerima perasaan sakit hati apapun itu dan sedalam apa sakitnya. Sebenarnya kamu sakit hati mungkin dengan perkataannya atau perbuatannya dan kamu ingin sekali membalasnya.

    Namun, kamu gak melakukan hal tersebut serta lebih memilih menerima perasaan sakit hati itu. Hal ini menjelaskan bahwa kamu benar-benar dewasa secara mental, saat kamu menerima perasaan sakit hati tersebut berarti perlahan kamu memaafkan orang itu.

    6. Tau Kapan Harus Marah dan Harus Diam


    Berbeda dengan menerima perasaan sakit hati diatas, kamu bisa saja marah karna hal yang memang kamu gak sukai atau bertentangan bukan hanya dengan dirimu tapi dengan orang lain juga.

    Dan kamu dapat mengontrol emosi tersebut saat ada hal yang seperti itu, kamu tahu kapan harus marah atau bersuara dan kapan harus memilih diam. Marah bukan berarti membenci dan diam bukan berarti gak tahu.


    7. Mempunyai Prinsip Hidup Sendiri


    Setelah menjalani hidup yang lumayan panjang, namun kamu belum memiliki target bahkan prinsip hidup sendiri. Selama ini kamu hanya mengikuti alur kehidupan saja, tetapi kamu mulai menyadari hal tersebut saat kamu mulai beranjak dewasa.

    Saat kamu menyadari hal tersebut, kamu mulai memiliki prinsip hidupmu sendiri. Memulainya dari awal kembali menjadi dirimu yang sebenarnya dan yang jarang dimiliki orang lain.

    8. Tidak Mudah Men-Judge Orang Lain


    Kamu gak lagi melakukan pembicaraan 'sederhana', dan kamu selalu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang sehingga gak gampang lagi menjudge atau ngomongin orang lain.

    Kesimpulan


    Demikian 8 Tanda Dewasa Secara Mental terhadap diri kamu, apakah kamu termasuk orang yang dewasa secara mental? Kalo belum kamu harus belajar perlahan-lahan agar kamu dewasa gak hanya dari segi usia tapi dari segi mental juga.

    Jangan lupa share artikel ini keteman-temanmu yang harus tahu poin-poin ini. Sehingga mereka bisa menilai dirinya sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

    Belum ada Komentar untuk "8 Tanda Dewasa Secara Mental, Sudah Dewasakah Kamu?"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel