Recent Post

    Cara Menghitung Luas Bangunan Termudah

    Cara Menghitung Luas Bangunan - Luas bangunan merupakan hal yang menjadi perhitungan ketika kamu hendak membangun rumah ataupun membeli rumah. Cara menghitung luas bangunan cukup mudah selama kamu mengetahui rumus dan bisa menggunakan software mencari luas bangunan.


    Menghitung luas bangunan bukan semata-mata ingin mencari seberapa luas bangunan yang akan kamu bangun. Tetapi, hal ini berguna agar kamu bisa menyiapkan segala kebutuhan mulai dari desain bangunan, material yang akan digunakan, dan dana yang dikeluarkan.

    cara menghitung luas bangunan

    Selain untuk menyiapkan berbagai hal tersebut dengan mengetahui luas bangunan membantu kamu dalam mengisi ataupun merancang interior rumah. Seperti yang kita ketahui kadang luas bangunan dengan kebutuhan rumah tidak seimbang. Sehingga dapat menyebabkan ruangan dirumah bisa terlihat sempit atau malah terlalu besar.


    Cara Menghitung Luas Bangunan Yang Benar


    Diatas sudah dikatakan bahwa untuk menghitung luas bangunan ada dua cara yaitu dengan menggunakan rumus dan bisa menggunakan software. Berikut ini langkah-langkah dalam menghitungnya:

    Cara Menghitung Luas Bangunan Dengan Rumus


    denah rumah
    sumber/archirecon.com

    Untuk mencari luas bangunan bisa dilakukan dengan rumus matematika. Umumnya sebelum mencari luas bangunan kamu perlu mengetahui denah rumah atau bentuk tanah yang ingin kamu hitung.

    Misalnya, denah rumah atau tanah kamu bebentuk persegi panjang, maka gunakan rumus matematika untuk mencari luas yaitu panjang kali lebar. Seperti berikut ini panjang rumah 8 m dan lebar 4 m, maka luas bangunannya adalah 32 m persegi.

    Atau denah rumah kamu berbentuk segitiga sembarang, maka cara menghitung luasnya adalah dengan mencari keliling segitiga terlebih dahulu baru luasnya. Berbeda lagi dengan segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi.

    Mencari luas bangunan segitiga sembarang:
    • L = ? [S x (S-A) x (S-B) x (S-C)]

    Mencari luas bangunan segitiga sama kaki:
    • L = 1/2 x Alas x Tinggi

    Mencari luas bangunan segitiga sama sisi:
    • L = (A^2/4) ? 3
    Catatan : ^ artinya pangkat

    Lalu, bagaimana dengan bangunan yang memiliki 2 lantai atau bertingkat? Perhitungan luas bangunan 2 lantai sama saja kok dengan 1 lantai. Karna luas bangunan dihitung per lantai, jadi jika kamu memiliki rumah bertingkat tinggal jumlahkan saja luas bangunan masing-masing lantai.

    Cara Menghitung Luas Bangunan Dengan Autocad


    menghitung luas bangunan

    Selain menghitung secara manual dengan rumus matematika, ada cara lain yang mudah yaitu menggunakan software bernama Autocad. Dengan menggunakan Autocad kamu tidak akan terlalu pusing menghitung luas bangunan.

    Namun, perlu diperhatikan apabila kamu ingin menghitung luas bangunan dengan Autocad karna kamu harus memiliki kemampuan menggambar yang baik. Sebab, bentuk gambar yang telah kamu buat akan mempengaruhi perhitungannya jika bentuk gambar salah, maka perhitungannya menjadi tidak akurat.

    Berikut ini langkah-langkah menghitung luas bangunan dengan Autocad:
    • Buatlah gambar denah dengan garis polyline agar seluruh garis menyatu
    • Klik garis yang telah digambar agar semuanya ter-block, tandanya garis yang semula terlihat lurus berubah menjadi putus-putus
    • Ketikan 'li' pada command section, lalu tekan tombol enter pada keyboard lalu keluar halaman baru yang menampilkan keterangan luas, keliling dan koordinat tanah atau bangunan tersebut

    Ketentuan Bangunan


    Ada beberapa hal yang harus diketahui sebagai seorang pemilik bangunan karna setiap rumah atau bangunan pasti memiliki batas fisik masing-masing yang dikenal sebagai batas luas. Perlu dipahami juga bahwa sebagian ruang yang mempunyai perkerasan lantai tidak sama perhitungan luasnya.

    Berikut ini hal yang perlu diketahui seorang pemilik bangungan yaitu:
    • Dalam menghitung jumlah luas lantai sebuah ruangan, maka perhitungannya biasanya akan dilakukan sampai batas dinding keluar. Dimana bila terdapat ruangan lebih yang berhimpitan dan dibatasi oleh dinding, maka perhitungannya adalah dari tengah-tengah dinding satu sampai dengan dinding berikutnya
    • Ruangan tertutup atap yang dindingnya lebih tinggi dari 1,20 m persegi dari lantai atas, dihitung penuh ( 100 % ). Misal ruang ukuran tersebut 3 X 4 m persegi, maka luas adalah 12 m persegi. Akan tetapi jika dinding pembatas dari ruangan tadi mempunyai tinggi kurang dari 1,20 m persegi, maka luas dari ruangan itu hanya diperhitungkan sepenuhnya saja. Semua itu biasanya diperkenankan dari KBD yang telah ditentukan oleh daerah tersebut
    • Overstek seperti balkon dengan dinding pagar tidak tinggi lebih dari 1,20 m persegi,tidak diperhitungkan luasnya
    • Teras beratap dengan sebagian dindingnya memiliki ketinggian lebih dari 1,20 m persegi, diperhitungkan 60 % ruang bawah tanah, luas tanahnya dihitung 100 %

    Kesimpulan


    Demikianlah bagaimana cara menghitung luas bangunan baik 2 lantai atau bertingkat dengan menggunakan rumus maupun software. Semua cara sama saja kok sama-sama akurat tergantung kamu memilih yang lebih mudah.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Luas Bangunan Termudah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close