Recent Post

Contoh Kata Pengantar Makalah atau Laporan Yang Benar

Contoh Kata Pengantar - Dalam membuat sebuah makalah, laporan, ataupun karya ilmiah tentunya memiliki urutan pembuatan yang baik dan benar. Kamu harus menulis dimulai dari pembuka, pengantar, daftar isi, isi, sampai kesimpulan. Ada satu komponen cukup penting dalam pembuatan makalah yang sering disepelekan oleh banyak orang yaitu kata pengantar makalah.


Kata pengantar adalah teks yang berada di halaman awal atau paling depan setelah cover yang biasanya berisikan ucapan terima kasih serta syukur dan tidak sedikit juga yang mencantumkan teks terkait hal yang dilakukan dan pihak yang membantu dalam penyusunan makalah.

contoh kata pengantar makalah

Kata pengantar yang baik ialah kata pengantar yang isinya tidak bertele-tele dan menggunakan bahasa formal yang efektif dan efisien. Meskipun menggunakan bahasa formal buatlah kata pengantar tersebut terlihat menarik dan membuat pembaca tertarik dengan isi makalahmu.

Sebenarnya banyak sekali referensi kata pengantar untuk makalah. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh kata pengantar makalah singkat yang bisa kamu pakai baik untuk makalah atau bisa juga sebagai kata pengantar laporan pkl.

Sebelumnya, saya ingin memberikan sedikit tips cara membuat kata pengantar makalah. Tips berikut ini terdiri dari struktur kata pengantar yang perlu kamu ketahui diantaranya:

Struktur Kata Pengantar


1. Pembuka

Pembuka disini biasanya berisikan ucapan rasa syukur dan terima kasih terhadap pihak yang membantu dalam menyelesaikan karya tulis yang dibuat oleh penulis.

2. Isi

Di bagian isi menjelaskan gambaran dari isi karya tulis yang dibuat oleh penulis. Mulai dari judul karya tulis hingga menjelaskan isinya sehingga pembaca dapat gambaran dari karya tulisnya.

3. Penutup

Pada bagian penutup berisi ucapan permohonan maaf bila ada kekurangan dan kesalahan dalam karya tulis yang ditujukan kepada pembaca. Serta berisi harapan penulis terhadap karya tulis yang dibuatnya semoga kedepannya dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Contoh Kata Pengantar Makalah


Berikut ini beberapa contoh kata pengantar untuk makalah yang bisa kamu jadikan referensi.

#Kata Pengantar Makalah


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT atas izin dan pertolongan-NYA yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tidak lupa kami ucapkan salam serta shalawat kepada junjungan nabi tercinta Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafa'atnya di hari akhir.

Penulis menulis makalah berjudul [judul makalah] yang bertujuan untuk [tujuan penulisan makalah]. Pada makalah ini terdapat pembahasan serta ulasan mengenai [judul makalah].

Tidak lupa, penulis juga mengucakpan rasa terima kasih kepada pihak yang mendukung selama proses penyusunan makalah kepada:

1. [nama pendukung]
2. [nama pendukung]
3. [nama pendukung]

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca terhadap makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi.

Wassalamualaikum wr.wb

Jakarta, 29 Juli 2020

Penulis


#Kata Pengantar Makalah Singkat


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas penulisan makalah [pelajaran/kuliah] dengan tepat waktu. Tidak lupa shalawat serta salam tercurah kepada baginda nabi besar Rasulullah SAW yang syafa'atnya kita nantikan di akhirat.

Penulisan makalah berjudul [judul makalah] dapat diselesaikan karena bantuan banyak pihak. Kami berharap makalah tentang [judul makalah] dapat bermanfaat bagi pembaca.

Penulis menyadari makalah [judul makalah] ini masih belum sempurna, terutama pada bagian isi. Kami menerima segala bentuk kritik dan saran pembaca demi penyempurnaan makalah. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat banyak kekurangan dan kesalahan pada makalah ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Akhir kata, semoga makalah [judul makalah] ini dapat bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Jakarta, 29 Juli 2020


Penulis

#Kata Pengantar Laporan PKL



Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas limpahkan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga pada akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas laporan kerja praktek ini dengan baik. Adapun judul penulisan laporan kuliah kerja praktek yang kami ambil adalah sebagai berikut:

[Judul laporan PKL atau KKP]

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

1. [Kepala sekolah / Rektor].
2. [Guru pembimbing atau Dosen Pembimbing].
3. [Kedua orang tua]
4. [Kepada teman-teman]

Kami menyadari bahwa penulisan laporan kuliah kerja praktek ini masih jauh sekali dari kata sempurna, untuk itu kami mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan kami sebagai penulis dimasa akan datang.

Jakarta, 29 Juli 2020


Penulis

Kesimpulan


Demikian beberapa contoh kata pengantar makalah dan kata pengantar laporan pkl yang bisa kamu jadikan referensi untuk pembuatan makalahmu. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Kata Pengantar Makalah atau Laporan Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel