Recent Post


    4 Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Daring

    Manfaat Sekolah Daring - Pada masa pandemi ini seluruh kegiatan termasuk belajar-mengajar tidak lagi dilaksanakan secara tatap muka melainkan secara jarak jauh atau kita kenal dengan daring. Berbicara mengenai daring mungkin masih terdengar asing karna kita memulai sebuah kebiasaan baru yang sebelumnya tidak dilakukan.


    Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi instansi pendidikan memberikan hak siswa untuk menerima pelajaran sama seperti kegiatan tatap muka. Memang tidak mudah memulai suatu kebiasaan baru, tapi bukan tidak mungkin hal ini bisa memberi dampak yang lebih baik untuk kedepannya.

    kelebihan dan kekurangan sekolah daring

    Semakin berkembangnya teknologi sekarang ini sudah ada pembelajaran digital yang disebut e-learning dimana siswa bisa mengakses pembelajaran secara online dengan mudah kapanpun dan dimanapun.

    Dengan adanya e-learning ini juga sebagai bentuk dukungan untuk mengurangi pemakaian kertas dan sumber daya alam lainnya. Mau tidak mau, suka tidak suka pembelajaran online nantinya akan menjadi hal biasa.

    Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Daring



    Namun, disatu sisi selain ada kelebihan pasti ada kekurangannya terhadap sekolah daring. Kira-kira apa saja ya kelebihan dan kekurangan sekolah daring? Yuk, simak pembahasannya yang dikutip dari Simple News dibawah ini.

    Kelebihan Sekolah Daring


    kelebihan sekolah daring

    1. Dapat diakses secara online


    Dengan dilaksanakannya sekolah daring para siswa dan guru dapat belajar secara online tidak secara tatap muka. Hanya bermodalkan smartphone dan jaringan internet siswa bisa mengakses materi pembelajaran yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun sesuai jadwalnya masing-masing.

    2. Jam belajar fleksibel


    Jika sekolah tatap muka mengharuskan siswa datang, pulang dan istirahat sesuai dengan aturan. Pada saat daring ini jam belajar menjadi lebih fleksibel artinya tidak terpaku dengan aturan pada saat belajar offline. Sehingga diharapkan dengan jam belajar yang fleksibel ketika ada waktu senggang setelah kelas, para siswa dapat mengeksplor kemampuannya sendiri.


    3. Biaya terjangkau


    Banyak yang mengira sekolah daring membuat biaya semakin membengkak. Namun, jika dihitung kembali sebenarnya sekolah daring membuat biaya jadi lebih terjangkau. Seperti orang tua tidak lagi mengeluarkan uang jajan setiap harinya dan menggantinya dengan paket internet bulanan untuk belajar.

    4. Pembelajaran lebih mandiri


    Karna belajar dilakukan secara online maka otomatis antara siswa dan guru tidak bertemu secara langsung sehingga materi yang diberikan saat kelas tidak 100% tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, siswa diwajibkan untuk lebih mandiri dengan mencari tahu lebih lagi mengenai materi yang diberikan.


    Kekurangan Sekolah Daring


    kekurangan sekolah daring

    1. Kurangnya pengawasan dalam belajar


    Karena pembelajaran dilakukan jarak jauh bisa dikatakan pengawasan dalam belajar menjadi berkurang baik itu dari orang tua maupun guru. Terkadang pada saat ujianpun siswa masih bekerja sama mencari kunci jawaban anak sekolah, kunci jawaban anak sd, smp, maupun sma. Hal ini terjadi karena faktor pembelajaran online yang membuat kurangnya pengawasan belajar.

    2. Pemahaman materi berkurang


    Tidak bisa dipungkiri kekurangan sekolah daring pastinya pemahaman materi pelajara akan berkurang. Seperti yang sudah disebutkan diatas hal ini bisa terjadi salah satunya karena kurangnya pengawasan terhadap siswa dalam belajar.


    3. Keterbatasan alat komunikasi


    Keadaan ekonomi di Indonesia yang tidak merata membuat sekolah daring sempat ditentang. Bukan tanpa alasan karna faktor pendukung suksesnya sekolah daring yaitu keberadaan alat komunikasi seperti smartphone ataupun laptop. Tanpa adanya alat komunikasi tersebut siswa maupun guru akan sulit melakukan proses belajar mengajar.

    4. Minim interaksi antara siswa dan guru


    Tidak seperti belajar di sekolah yang bisa saling berinteraksi antara siswa-guru dan siswa-siswa, saat sekolah daring kamu hanya bisa berinteraksi ketika ada kelas saja. Jadi diluar jam belajar kamu tidak bisa berinteraksi malah terkadang setelah jam banyak yang main dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan.

    Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan sekolah daring yang terjadi saat ini. Bagaimana dengan pendapatmu mengenai belajar jarak jauh? Apakah bisa diteruskan ketika pandemi berakhir atau malah ditiadakan? Tulis di kolom komen ya. Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu, semoga informasi ini bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "4 Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Daring"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel