Recent Post


    3 Tips Lolos Screening CV HRD Agar Bisa Dipanggil Interview

    Tips Lolos Screening CV - Ketika seseorang melamar kerja terdapat beberapa proses atau tahapan yang terjadi sebelum kandidat dipanggil interview dan mulai bekerja. Tahapan-tahapan tersebut diantaranya yaitu tahapan seleksi CV dan tahapan psikotes.


    Mungkin banyak dari kamu yang bingung dan bertanya mengapa dari puluhan atau bahkan ratusan lowongan pekerjaan yang sudah di apply tapi yang dapat panggilan hanya hitungan jari saja. Menurut pengalaman saya dan juga hasil sharing dari beberapa HRD alasan mengapa banyak orang yang tidak terpanggil salah satunya yaitu tidak lolos screening cv.

    cara ampuh lolos screening cv

    Screening cv sekarang ini hampir tidak lagi dilakukan secara manual apalagi jika kamu melamar di perusahaan besar. Di perusahaan besar tahap seleksi cv ini dilakukan oleh sistem jadi semua cv yang masuk akan diseleksi oleh sistem, baru selanjutnya hrd akan mengundang kandidat untuk psikotes atau langsung interview.


    Beda lagi jika perusahaan yang kamu lamar tergolong kecil atau jumlah karyawan kurang dari 100 orang. Kemungkinan dipanggil tes interview akan semakin besar. Namun, itupun belum pasti karna pada tahap seleksi cv ini ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan agar tetap lolos screening.

    Cara Ampuh Lolos Screening CV


    Seperti yang kamu ketahui bahwa tahapan ini merupakan pintu awal kamu memperkenalkan diri ke perusahaan. Terkadang hal ini sering diabaikan sehingga bisa membuat kamu gagal untuk ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar kamu lolos screening cv dan dipanggil tes. Simak pembahasannya berikut ini:

    1. Cek Persyaratan Loker


    Sebelum membuat dan mengirim cv ke perusahaan tujuan, pastikan terlebih dahulu syarat dan kualifikasi loker yang dibuka. Cari informasi lebih terhadap loker yang dibuka baik itu melalui website atau sosial media, seperti instagram atau linkedin.

    Setelah kamu mendapatkan informasi loker tersebut barulah kamu isi cv kamu sesuai dengan kualifikasinya. Ingat cv yang kamu buat jangan dilebih-lebihkan karna itu akan merugikan kamu nantinya.



    2. Jangan Membuat CV Asal-Asalan


    Perlu kamu ingat dan tanamkan ke diri sendiri saat melamar kerja bahwa pesaing kamu itu bukan 1-2 orang tapi sudah ratusan bahkan ribuan orang. Jadi, jangan buat cv yang asal-asalan minimal sekali cv yang kamu buat bisa dibaca oleh hrd, tampilan yang rapih dan professional.

    Kalo bisa gunakan format cv ats friendly jika kamu bingung bagaimana cara membuat cv ats friendly silahkan klik link tersebut. Pastikan juga isi cv kamu sesuai dengan keinginan perusahaan atau loker sehingga akan menjadi satu nilai plus.

    3. Kirim File Dengan Rapih


    Yang terakhir yaitu satukan file-file lamaran kerjamu agar terlihat rapih sebelum mengirimnya. Selain itu, file lamaran kerja yang disatukan akan memudahkan hrd untuk memeriksanya jadi mereka tidak perlu mendownloadnya satu per satu.


    Nah, itulah beberapa tips atau cara ampuh agar kamu lolos screening cv. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "3 Tips Lolos Screening CV HRD Agar Bisa Dipanggil Interview"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel