Recent Post


    Bingung Cara Dropship Resi Otomatis Di Marketplace? Begini Tipsnya!

    Dropship Resi Otomatis - Salah satu usaha online tanpa modal yang bisa kamu lakukan saat ini yaitu menjadi seorang dropshipper. Bisnis dropship ini sebenarnya gampang-gampang susah walaupun tidak memerlukan modal untuk mulai berjualan.


    Untuk menjadi seorang dropshipper kamu harus punya kenalan supplier untuk menyuplai barang di tokomu. Terutama bagi kamu yang ingin berjualan di marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada, dan lain-lain. Tanpa mengenal dekat dengan supplier, kamu tidak akan bisa melakukan sistem dropship di marketplace tersebut.

    Seperti yang kita ketahui dropship merupakan sistem jualan tanpa modal, sedangkan pada marketplace ada pembayaran COD (Cash On Delivery). Oleh karena itu pentingnya kenal supplier yaitu pada saat customer membeli barang di tokomu dengan sistem cod, maka kamu bisa memberitahu si supplier untuk mengirimkan barangnya ke customer dan pembayaran dilakukan saat barang sudah sampai.

    cara dropship resi otomatis

    Namun, bagaimana jika kamu tidak kenal dekat dengan suppliernya? Ya kamu seperti seorang reseller berarti yang membutuhkan modal dulu untuk jualan dan memiliki stok. Dulu sistem dropship ini tidak serumit sekarang karna antara kamu dan si supplier bisa menginput resi secara manual jika ada orderan masuk pada marketplace yang sama.

    Akan tetapi sekarang ini input resi secara manual sudah tidak bisa dilakukan baik di tokopedia maupun shopee. Sehingga untuk jualan dengan sistem tersebut tidak bisa lagi dalam 1 marketplace. Maksudnya 1 marketplace ialah supplier kamu berjualan di marketplace A dan kamu juga berjualan disana. Oke kalo kamu bingung saya beri sebuah studi kasus mengenai hal ini.

    Studi Kasus Dropship Resi Otomatis


    Untuk saat ini apakah dropship di satu marketplace yang sama dengan supplier adalah hal yang salah? Jawabannya tidak sama sekali, namun kamu harus memperhatikan beberapa hal penting agar tetap bisa dropship di marketplace yang sama. Misalnya, jika ada orderan masuk pada tokomu, secara otomatis orderan tersebut telah memiliki resi sendiri yang artinya tidak bisa kamu ubah-ubah lagi.

    Karna kamu itu seorang dropshipper bukan reseller, maka kamu akan memesan produk yang dibeli customer ke pihak supplier melalui tokonya di marketplace yang sama. Ketika kamu memesan barang tersebut, si supplier tadi akan mendapatkan resi otomatis dari orderanmu.

    Bisa dilihat dong dari kasus diatas terdapat 2 resi yang berbeda. Pasti kamu bingung bagaimana bisa mengirimkan barang ke tujuan dengan 2 resi yang berbeda tersebut? Nah, hal seperti inilah yang terjadi saat ini ketika kamu menjadi seorang dropshipper.

    Salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan mengirimkan barang tersebut 2 kali. Yang pertama barang dikirim dari supplier ke rumahmu, baru dari rumahmu kirim lagi menggunakan resi yang kamu miliki dari si customer. Apakah cara ini diperbolehkan? Tentu saja boleh, namun cara ini sangat rugi dari segi biaya dan waktu.

    Jika kamu terus-terusan menggunakan cara tersebut sudah dipastikan kamu tidak dapat untung bahkan terbilang rugi cukup besar. Jadi seperti itulah permasalahan saat ini apabila kamu ingin menjadi dropshipper dengan supplier yang berada di 1 marketplace.

    Akan tetapi jangan terlalu khawatir karna saya akan memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Cara ini masih banyak yang belum mengetahuinya terutama bagi seorang pemula. Penasaran bagaimana cara dropship menggunakan resi otomatis? Sebelum kesana simak dulu tips dibawah ini.

    Tips Dropship Resi Otomatis di Marketplace Yang Sama


    Tips dropship resi otomatis ini jika kamu ikuti langkah-langkahnya dengan benar dijamin bakal untung besar. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

    1. Cari Supplier Yang Dapat Dipercaya


    Tips pertama yaitu mencari supplier yang bisa kamu percayai. Misalkan kamu tidak punya kenalan seorang supplier, maka kamu bisa memilihnya melalui marketplace. Hal yang perlu kamu pertimbangkan jika mencari supplier di marketplace adalah lihat keoriginalan barang yang mereka jual, rating tokonya, serta apabila mereka memang tangan pertama pasti akan memiliki deskripsi lengkap di tokonya seperti ada nomor hp/wa dan alamat toko.

    Semua pertimbangan itu harus ada untuk menghindari segala bentuk penipuan. Terkadang beberapa orang tidak teliti memilih sehingga dapat merugikan diri sendiri dan customer nantinya.


    2. Pilih Supplier Dari Kota Yang Sama


    Bisa dibaca kembali tulisan diatas permasalahan yang terjadi sekarang ini jika melakukan dropship resi otomatis adalah terdapat 2 resi yang menyebabkan beratnya beban ongkos kirim. Untuk itu solusinya ialah usahakan cari supplier yang berada satu kota dengan kamu.

    Dengan supplier yang berada satu kota denganmu sedikit banyak akan menguntungkan terutama dalam hal ongkos kirim. Karna cukup sering marketplace memberikan diskon gratis ongkir kepada para customer, jika hal itu terjadi setidaknya kamu masih mendapat untung.

    3. Atur Harga Ongkir Yang Benar


    Tidak banyak yang tahu bahwa harga ongkir bisa diatur sendiri loh. Apalagi bagi dropshipper karna kamu bisa menentukannya sekaligus dengan keuntungan bersih dari barang yang kamu jual. Minimal agar tidak mengalami rugi kamu bisa mengambil keuntungan dari 1 produk sebanyak 20% dan keuntungan tersebut sudah termasuk ongkir ya.

    Cara Dropship Resi Otomatis di Marketplace


    Setelah baca tips diatas, selanjutnya adalah bagaimana cara dropship resi otomatis yang benar. Cara ini bisa kamu lakukan di berbagai marketplace terutama shopee dan tokopedia. Yuk langsung aja simak langkah-langkahnya.
    • Cari supplier yang berada satu kota denganmu, lalu minta nomor hp supplier tersebut untuk izin menjadi dropshipper dengan memakai foto-foto barang yang mereka jual dan tanya apakah mereka terima resi otomatis atau tidak. Karna ada beberapa supplier yang tidak menerima resi otomatis
    • Setelah disetujui kamu bisa upload barang-barang ke tokomu. Jika ada yang memesan barangmu chat kembali supplier dan tanya bagaimana langkah selanjutnya untuk memproses pesanan. Biasanya mereka meminta nomor resi orderan tersebut dan menunggu kamu transfer sesuai dengan harga yang ada di toko mereka bukan transfer dari harga yang kamu jual
    • Tunggu beberapa saat transferan kamu di konfirmasi, jika sudah pesanan akan diproses oleh mereka dan dikirim langsung ke customer. Jadi kamu hanya tinggal duduk manis saja tanpa repot-repot memikirkan untuk packing barang
    • Intinya cara ini dilakukan diluar dari marketplace tempat kamu berjualan. Sehingga segala bentuk penipuan tidak lagi tanggung jawab marketplace melainkan tanggung jawab sendiri. Oleh karena itu saya menyarankan mencari supplier yang terpercaya

    Demikianlah tips dan cara dropship otomatis di marketplace. Kamu juga bisa baca artikel lainnya mengenai tips meningkatkan penghasilan jualan online dan trik rahasia menarik perhatian pembeli. Semoga informasi ini bermanfaat ya jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "Bingung Cara Dropship Resi Otomatis Di Marketplace? Begini Tipsnya!"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel